Ciri – Ciri Tulisan yang Baik

Ciri – Ciri Tulisan yang Baik – Melalui sebuah tulisan biasanya penulis ingin menyampaikan sebuah informasi ke semua orang. Namun untuk membuat tulisan tentu tidak begitu saja bisa dilakukan sembarangan tanpa memperhatikan beberapa hal. Terkadang tulisan yang dibuat tidak mampu menarik perhatian pembaca untuk membacanya. Hal tersebut bisa diatasi dengan mudah menggunakan beberapa cara yang sudah ada. Sudah ada banyak tips yang bisa digunakan untuk membuat tulisan lebih menarik untuk dibaca. Lalu bagaimana ciri – ciri tulisan yang baik.

Tulisan yang baik biasanya sudah bisa dilihat dari judulnya. Jika dari judulnya saja sudah menarik untuk dibaca maka bisa disimpulkan isi dari tulisan tersebut pastilah dibaca oleh pembaca. Selain itu tulisan tulisan yang baik biasanya ditulis sesuai dengan kerangka tulisan yang sudah ditentukan. Dengan mengikuti kerangka tulisan yang ada maka bisa menghasilkan tulisan yang baik. Sehingga sangat dibutuhkan kerangka tulisan untuk menjamin tulisan lebih berkualitas.

Ciri – ciri tulisan yang baik biasanya menggunakan sub judul. Memang tidak semua tulisan baik harus ada sub judulnya. Namun dengan adanya sub judul tersebut mampu membuat tulisan lebih tertata rapi. Pembahasan dari tulisan menjadi lebih terfokus. Itulah yang membuat beberapa tulisan yang baik menggunakan bantuan sub judul. Selain itu baik tidaknya tulisan juga bisa dilihat dari padatnya tulisan. Biasanya masalah yang dialami oleh para penulis adalah kekurangan bahan untuk menulis. Sehingga harus memutar kalimat untuk membuat tulisan menjadi lebih banyak. Hal tersebut tentu membuat kualitas tulisan menjadi kurang baik dan tidak terfokus. Maka ciri tulisan yang baik adalah berisi tulisan yang padat.

Kejelasan isi tulisan menjadi salah satu hal yang dinilai seseorang ketika membaca tulisan. Buatlah tulisan yang isi pembahasannya jelas. Tidak membahas hal yang diluar topik pembicaraan. Selai itu cara membuat tulisan lebih jelas adalah memperbanyak paragraf. Biasanya satu paragraf hanya membahas satu bahasan namun saling berkaitan dengan paragraf lainnya. Memperbanyak paragraf akan membuat tulisan lebih padat dan jelas. Selain itu pembaca akan lebih menyukai membaca tulisan pendek dari pada harus membaca tulisan yang cukup panjang.

Tulisan yang baik biasanya juga memperhatikan penampilan tulisannya. Ada banyak cara yang biasanya digunakan para penulis untuk membuat tulisannya lebih menarik untuk dibaca. Biasanya ciri tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu menyajikan tampilan tulisan yang indah. Bisa melalui pemilihan font, warna, ukuran, dan beberapa hal lainnya. Tentu saja hal ini bisa dilakukan bebas oleh para penulisnya, namun dengan memilih yang tepat mampu membuat tulisan lebih menarik. Itulah beberapa ciri – ciri tulisan yang baik yang biasanya ditemukan di beberapa tulisan yang mampu menarik minat baca terbanyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *